MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 – CARITA BABAD
A. Identitas Modul
- Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
- Kelas : X
- Materi :
Carita Babad
- Alokasi Waktu : (Sesuaikan dengan kurikulum)
- Penyusun :
(Nama Anda)
B.
Kompetensi Dasar
- Memahami:
Memahami isi, struktur, dan unsur kebahasaan dalam teks carita babad.
- Menganalisis:
Menganalisis nilai-nilai luhur, sejarah, dan kebudayaan yang terkandung
dalam carita babad.
- Menyajikan:
Menyajikan hasil analisis carita babad dalam bentuk lisan maupun tulisan.
C. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian carita
babad.
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh
carita babad Sunda.
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
khas carita babad.
- Siswa dapat menganalisis isi, struktur,
dan unsur kebahasaan carita babad.
- Siswa dapat menyimpulkan nilai-nilai
luhur yang terkandung dalam carita babad.
- Siswa dapat menyajikan hasil analisis
carita babad dalam bentuk yang menarik.
D. Materi
Pembelajaran
- Pengertian Carita Babad
- Definisi carita babad
- Perbedaan carita babad dengan
jenis teks lain
- Fungsi carita babad dalam
masyarakat Sunda
- Ciri-ciri Khas Carita Babad
- Bahasa yang digunakan
- Struktur cerita
- Unsur-unsur yang terkandung
(misalnya: tokoh, alur, latar)
- Contoh Carita Babad Sunda
- Babad Tanah Sunda
- Babad Galuh
- Babad Pajajaran
- (Dan contoh-contoh lainnya)
- Nilai-nilai Luhur dalam Carita Babad
- Kepahlawanan
- Kesetiaan
- Kebijaksanaan
- (Dan nilai-nilai lainnya)
E. Metode
Pembelajaran
- Pendekatan:
Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan)
- Metode: Ceramah, diskusi, penugasan,
presentasi, dan permainan peran.
F.
Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan 1:
Pendahuluan tentang carita babad dan ciri-cirinya.
- Pertemuan 2:
Analisis satu contoh carita babad secara mendalam.
- Pertemuan 3:
Diskusi kelompok tentang nilai-nilai yang terkandung dalam carita babad.
- Pertemuan 4:
Presentasi hasil diskusi kelompok.
- Pertemuan 5:
Penugasan membuat ringkasan atau cerita ulang carita babad.
G.
Penilaian
- Penilaian Proses:
- Aktivitas siswa dalam diskusi
- Kemampuan siswa dalam menjawab
pertanyaan
- Kerjasama dalam kelompok
- Penilaian Hasil:
- Tugas individu (ringkasan atau
cerita ulang)
- Ulangan harian atau ulangan
tengah semester
Contoh
Asesmen
Soal
Pilihan Ganda
- Apa yang dimaksud dengan carita babad? a.
Cerita tentang binatang b. Cerita rakyat c. Cerita sejarah d. Dongeng
- Tokoh utama dalam Babad Tanah Sunda
adalah... a. Prabu Siliwangi b. Sang Hyang Guru c. Dewi Sekartaji d. Nyai
Subanglarang
Soal Essay
- Jelaskan perbedaan antara carita babad
dan dongeng!
- Sebutkan tiga nilai luhur yang dapat kita
ambil dari cerita Babad Pajajaran!
- Buatlah ringkasan cerita Babad Galuh
dalam 5 kalimat!
Catatan: Soal-soal
di atas dapat disesuaikan dengan materi yang telah diajarkan dan tingkat
kesulitan siswa.
Tips
Tambahan:
- Gunakan media pembelajaran yang menarik:
Gambar, video, atau audio dapat membantu siswa lebih mudah memahami
materi.
- Libatkan siswa secara aktif:
Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, berdiskusi, dan
mempresentasikan hasil kerja mereka.
Komentar
Posting Komentar