MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 – CARITA BABAD

 A. Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
  • Kelas                     : X
  • Materi                  : Carita Babad
  • Alokasi Waktu   : (Sesuaikan dengan kurikulum)
  • Penyusun            : (Nama Anda)

 

B. Kompetensi Dasar

  • Memahami: Memahami isi, struktur, dan unsur kebahasaan dalam teks carita babad.
  • Menganalisis: Menganalisis nilai-nilai luhur, sejarah, dan kebudayaan yang terkandung dalam carita babad.
  • Menyajikan: Menyajikan hasil analisis carita babad dalam bentuk lisan maupun tulisan.

 

C. Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian carita babad.
  • Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh carita babad Sunda.
  • Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri khas carita babad.
  • Siswa dapat menganalisis isi, struktur, dan unsur kebahasaan carita babad.
  • Siswa dapat menyimpulkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam carita babad.
  • Siswa dapat menyajikan hasil analisis carita babad dalam bentuk yang menarik.

 

D. Materi Pembelajaran

  1. Pengertian Carita Babad
    • Definisi carita babad
    • Perbedaan carita babad dengan jenis teks lain
    • Fungsi carita babad dalam masyarakat Sunda
  2. Ciri-ciri Khas Carita Babad
    • Bahasa yang digunakan
    • Struktur cerita
    • Unsur-unsur yang terkandung (misalnya: tokoh, alur, latar)
  3. Contoh Carita Babad Sunda
    • Babad Tanah Sunda
    • Babad Galuh
    • Babad Pajajaran
    • (Dan contoh-contoh lainnya)
  4. Nilai-nilai Luhur dalam Carita Babad
    • Kepahlawanan
    • Kesetiaan
    • Kebijaksanaan
    • (Dan nilai-nilai lainnya)

 

E. Metode Pembelajaran

  • Pendekatan: Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan)
  • Metode: Ceramah, diskusi, penugasan, presentasi, dan permainan peran.

 

F. Kegiatan Pembelajaran

  • Pertemuan 1: Pendahuluan tentang carita babad dan ciri-cirinya.
  • Pertemuan 2: Analisis satu contoh carita babad secara mendalam.
  • Pertemuan 3: Diskusi kelompok tentang nilai-nilai yang terkandung dalam carita babad.
  • Pertemuan 4: Presentasi hasil diskusi kelompok.
  • Pertemuan 5: Penugasan membuat ringkasan atau cerita ulang carita babad.

 

G. Penilaian

  • Penilaian Proses:
    • Aktivitas siswa dalam diskusi
    • Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan
    • Kerjasama dalam kelompok
  • Penilaian Hasil:
    • Tugas individu (ringkasan atau cerita ulang)
    • Ulangan harian atau ulangan tengah semester

 

Contoh Asesmen

Soal Pilihan Ganda

  1. Apa yang dimaksud dengan carita babad? a. Cerita tentang binatang b. Cerita rakyat c. Cerita sejarah d. Dongeng
  2. Tokoh utama dalam Babad Tanah Sunda adalah... a. Prabu Siliwangi b. Sang Hyang Guru c. Dewi Sekartaji d. Nyai Subanglarang

Soal Essay

  1. Jelaskan perbedaan antara carita babad dan dongeng!
  2. Sebutkan tiga nilai luhur yang dapat kita ambil dari cerita Babad Pajajaran!
  3. Buatlah ringkasan cerita Babad Galuh dalam 5 kalimat!

 

Catatan: Soal-soal di atas dapat disesuaikan dengan materi yang telah diajarkan dan tingkat kesulitan siswa.

 

Tips Tambahan:

  • Gunakan media pembelajaran yang menarik: Gambar, video, atau audio dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi.
  • Libatkan siswa secara aktif: Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, berdiskusi, dan mempresentasikan hasil kerja mereka.
Hubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari: Siswa akan lebih tertarik jika dapat melihat relevansi materi dengan kehidupan mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 - SAJAK

MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS X MATERI KAWIH