MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 - SAJAK

 Kelas                 : 10

Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Materi                : Sajak
Alokasi Waktu  : 3 Pertemuan (3 x 45 menit)

 

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat memahami ciri-ciri sajak dalam bahasa Sunda.
  2. Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur pembentuk sajak (tema, rima, dan makna).
  3. Siswa dapat menulis sajak sederhana dalam bahasa Sunda.
  4. Siswa mampu mengapresiasi karya sastra berupa sajak dan menyampaikan maknanya.

 

Materi Pembelajaran

  1. Pengantar Sajak dalam Bahasa Sunda: Mengenalkan apa itu sajak dan fungsinya dalam budaya Sunda.
  2. Struktur dan Ciri Sajak Sunda:
    • Tema: Pemilihan tema dalam sajak Sunda yang sering berkaitan dengan alam, cinta, dan kehidupan sehari-hari.
    • Rima: Mengajarkan konsep rima atau persajakan dalam Bahasa Sunda.
    • Makna: Mengupas makna tersirat dalam beberapa contoh sajak Sunda.
  3. Contoh Sajak Sunda:
    • Contoh sajak karya penyair Sunda terkenal.
    • Analisis bersama terhadap sajak yang diberikan.
  4. Praktik Menulis Sajak:
    • Langkah-langkah menulis sajak sederhana.
    • Latihan menulis sajak tentang topik pilihan siswa.

 

Metode Pembelajaran

  • Diskusi dan Tanya Jawab
  • Analisis Teks Sajak
  • Latihan Menulis
  • Presentasi dan Apresiasi Karya

 

Media dan Alat

  • Buku teks Bahasa Sunda
  • Lembar kerja siswa
  • Proyektor untuk menampilkan contoh sajak

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Pertemuan 1:
    • Pembukaan: Guru memperkenalkan konsep sajak dalam bahasa Sunda.
    • Inti: Guru menjelaskan ciri dan struktur sajak Sunda.
    • Penutup: Siswa diajak menganalisis contoh sajak sederhana.
  2. Pertemuan 2:
    • Pembukaan: Review pertemuan sebelumnya.
    • Inti: Siswa berlatih menulis sajak dengan panduan guru.
    • Penutup: Siswa membacakan hasil sajaknya di depan kelas.
  3. Pertemuan 3:
    • Pembukaan: Diskusi tentang makna sajak yang telah ditulis.
    • Inti: Apresiasi karya teman, diskusi tentang pengalaman menulis sajak.
    • Penutup: Refleksi pembelajaran dan evaluasi.

 

Asesmen

Asesmen Formatif:

  1. Pertanyaan Diskusi: Siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang struktur dan makna sajak.
  2. Penulisan Sajak: Setiap siswa menulis satu sajak bertema bebas dalam bahasa Sunda.

Asesmen Sumatif:

  1. Penampilan Sajak: Siswa membacakan sajak yang telah mereka buat di depan kelas dan memberikan makna atau pesan yang terkandung.
  2. Portofolio Sajak: Siswa mengumpulkan sajak yang mereka buat dan menganalisis sajak karya orang lain dengan menuliskan ciri, tema, dan makna.

 

Rubrik Penilaian

  1. Pemahaman Struktur Sajak (25%): Mengidentifikasi tema, rima, dan makna dalam sajak.
  2. Kreativitas dalam Menulis Sajak (25%): Kemampuan menyusun kata, memilih tema, dan kreativitas dalam menulis sajak.
  3. Apresiasi dan Penyampaian Makna (25%): Mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam sajak.
Kerja Sama dan Partisipasi (25%): Aktif dalam diskusi, apresiasi karya teman, dan mengikuti kegiatan pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 – CARITA BABAD

MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS X MATERI KAWIH