MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 - SAJAK
Kelas : 10
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Materi : Sajak
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (3 x
45 menit)
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami ciri-ciri sajak
dalam bahasa Sunda.
- Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur
pembentuk sajak (tema, rima, dan makna).
- Siswa dapat menulis sajak sederhana dalam
bahasa Sunda.
- Siswa mampu mengapresiasi karya sastra
berupa sajak dan menyampaikan maknanya.
Materi
Pembelajaran
- Pengantar Sajak dalam Bahasa Sunda:
Mengenalkan apa itu sajak dan fungsinya dalam budaya Sunda.
- Struktur dan Ciri Sajak Sunda:
- Tema:
Pemilihan tema dalam sajak Sunda yang sering berkaitan dengan alam,
cinta, dan kehidupan sehari-hari.
- Rima:
Mengajarkan konsep rima atau persajakan dalam Bahasa Sunda.
- Makna:
Mengupas makna tersirat dalam beberapa contoh sajak Sunda.
- Contoh Sajak Sunda:
- Contoh sajak karya penyair Sunda
terkenal.
- Analisis bersama terhadap sajak
yang diberikan.
- Praktik Menulis Sajak:
- Langkah-langkah menulis sajak
sederhana.
- Latihan menulis sajak tentang
topik pilihan siswa.
Metode
Pembelajaran
- Diskusi dan Tanya Jawab
- Analisis Teks Sajak
- Latihan Menulis
- Presentasi dan Apresiasi Karya
Media dan
Alat
- Buku teks Bahasa Sunda
- Lembar kerja siswa
- Proyektor untuk menampilkan contoh sajak
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Pertemuan 1:
- Pembukaan: Guru memperkenalkan
konsep sajak dalam bahasa Sunda.
- Inti: Guru menjelaskan ciri dan
struktur sajak Sunda.
- Penutup: Siswa diajak
menganalisis contoh sajak sederhana.
- Pertemuan 2:
- Pembukaan: Review pertemuan
sebelumnya.
- Inti: Siswa berlatih menulis
sajak dengan panduan guru.
- Penutup: Siswa membacakan hasil
sajaknya di depan kelas.
- Pertemuan 3:
- Pembukaan: Diskusi tentang makna
sajak yang telah ditulis.
- Inti: Apresiasi karya teman,
diskusi tentang pengalaman menulis sajak.
- Penutup: Refleksi pembelajaran
dan evaluasi.
Asesmen
Asesmen
Formatif:
- Pertanyaan Diskusi:
Siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang struktur dan makna
sajak.
- Penulisan Sajak:
Setiap siswa menulis satu sajak bertema bebas dalam bahasa Sunda.
Asesmen
Sumatif:
- Penampilan Sajak:
Siswa membacakan sajak yang telah mereka buat di depan kelas dan
memberikan makna atau pesan yang terkandung.
- Portofolio Sajak:
Siswa mengumpulkan sajak yang mereka buat dan menganalisis sajak karya
orang lain dengan menuliskan ciri, tema, dan makna.
Rubrik
Penilaian
- Pemahaman Struktur Sajak
(25%): Mengidentifikasi tema, rima, dan makna dalam sajak.
- Kreativitas dalam Menulis Sajak
(25%): Kemampuan menyusun kata, memilih tema, dan kreativitas dalam
menulis sajak.
- Apresiasi dan Penyampaian Makna
(25%): Mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam sajak.
Komentar
Posting Komentar