MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS X MATERI KAWIH
A. Identitas Modul
- Sekolah :
- Mata Pelajaran :
Bahasa Sunda
- Kelas/Smt. :
X (Sepuluh)/1
- Tema :
Apresiasi dan Penciptaan Karya
Sastra Sunda
- Subtema :
Kawih sebagai Warisan Budaya Sunda
- Pertemuan : 3 x Pertemuan
- Alokasi Waktu :
6 x 45 Menit
- Penyusun :
B.
Kompetensi Dasar
- 3.1 Menganalisis struktur teks lisan dan
tulis dalam bentuk puisi (kawih) dari berbagai sumber.
- 4.1 Menulis teks puisi (kawih) dengan memperhatikan unsur intrinsik dan ekstrinsik.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan dapat:
- Menjelaskan pengertian kawih dan jenis-jenisnya.
- Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik (tema,
amanat, tokoh, alur, latar, gaya bahasa) dan ekstrinsik (nilai-nilai,
sosial budaya, sejarah) dalam sebuah kawih.
- Menganalisis struktur dan isi kawih.
- Menulis kawih dengan memperhatikan kaidah
kebahasaan dan unsur-unsur intrinsik.
- Menampilkan kawih secara individu atau kelompok dengan baik dan benar.
D. Materi
Pembelajaran
- Pengertian Kawih
- Definisi kawih
- Jenis-jenis kawih (klasik, pop,
daerah)
- Fungsi kawih dalam kehidupan
masyarakat Sunda
- Unsur-unsur Kawih
- Unsur intrinsik (tema, amanat,
tokoh, alur, latar, gaya bahasa)
- Unsur ekstrinsik (nilai-nilai,
sosial budaya, sejarah)
- Struktur Kawih
- Bait
- Larik
- Rima
- Metrum
- Cara Menulis Kawih
- Tahapan menulis kawih
- Kaidah kebahasaan dalam penulisan kawih
E. Kegiatan
Pembelajaran
- Pendahuluan:
- Apersepsi (mengaitkan materi dengan
pengalaman siswa)
- Motivasi (menimbulkan minat belajar
siswa)
- Inti:
- Eksposisi (menjelaskan materi
kawih)
- Elaborasi (mendiskusikan
contoh-contoh kawih)
- Konfirmasi (memeriksa pemahaman
siswa)
- Penutup:
- Evaluasi (memberikan soal atau
tugas)
- Refleksi (menilai proses pembelajaran)
F. Penilaian
- Penilaian Sikap:
- Keaktifan dalam diskusi
- Kerjasama dalam kelompok
- Penilaian Pengetahuan:
- Tes tertulis (esai, pilihan ganda,
benar-salah)
- Tugas individu atau kelompok
(analisis kawih, menulis kawih)
- Penilaian Keterampilan:
- Presentasi hasil analisis atau
karya kawih
Modul
Asesmen Kawih Kelas 10
A. Tujuan
Asesmen
- Mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa dalam
memahami dan mengapresiasi kawih.
- Mengetahui sejauh mana siswa mampu menulis dan menyajikan kawih.
B. Bentuk
Asesmen
- Tertulis:
- Pilihan ganda
- Isian singkat
- Uraian
- Praktik:
- Menyanyikan kawih
- Membaca puisi kawih dengan ekspresi
- Menulis kawih dengan tema tertentu
- Produk:
- Membuat kumpulan puisi kawih
- Membuat video klip kawih
C. Instrumen
Asesmen
- Rubrik penilaian:
- Untuk menilai aspek-aspek seperti
kelengkapan isi, penggunaan bahasa, kreativitas, dan presentasi.
Catatan:
- Modul ini dapat disesuaikan dengan karakteristik
siswa dan sumber daya yang tersedia.
- Guru dapat menambahkan berbagai aktivitas
pembelajaran yang menarik, seperti lomba menyanyi kawih, membuat video
klip, atau mengundang penyair Sunda sebagai narasumber.
- Asesmen sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan
untuk memantau perkembangan belajar siswa.
Tambahan:
- Contoh Kegiatan Pembelajaran:
- Membandingkan kawih klasik dan
kawih pop
- Menganalisis makna simbol dalam
kawih
- Menulis ulang kawih dengan gaya
bahasa yang berbeda
- Contoh Soal Asesmen:
- Sebutkan 3 jenis kawih yang kamu
ketahui!
- Jelaskan perbedaan antara bait dan
larik dalam kawih!
- Tulislah sebuah kawih dengan tema
persahabatan!
Tips:
- Gunakan media pembelajaran yang variatif, seperti
video, audio, dan gambar.
- Libatkan siswa secara aktif dalam proses
pembelajaran.
- Berikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa.
Referensi:
- Buku teks Bahasa Sunda kelas 10
semoga bermanfaat dan mari berbagi informasi
Komentar
Posting Komentar