MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 - WAWANCARA
A. Identitas Modul
- Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
- Kelas : X
- Materi Pokok : Wawancara
- Alokasi Waktu : (Sesuaikan dengan kebutuhan)
B.
Kompetensi Dasar
- 3.10 Menganalisis isi, struktur, dan
aspek kebahasaan teks wawancara.
- 4.10 Merancang, melakukan, dan
menyusun laporan wawancara dengan memperhatikan kesantunan berbahasa.
C. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa mampu memahami pengertian dan
tujuan wawancara.
- Siswa mampu mengidentifikasi struktur
teks wawancara.
- Siswa mampu menyusun pertanyaan wawancara
yang efektif.
- Siswa mampu melakukan wawancara dengan
baik dan benar.
- Siswa mampu menyusun laporan wawancara
secara sistematis.
D. Materi
Pembelajaran
- Pengertian Wawancara
- Definisi wawancara
- Tujuan wawancara
- Jenis-jenis wawancara
- Struktur Teks Wawancara
- Pembukaan
- Pertanyaan dan jawaban
- Penutup
- Teknik Melakukan Wawancara
- Persiapan sebelum wawancara
- Pelaksanaan wawancara
- Menyusun laporan wawancara
- Contoh Teks Wawancara
- Analisis teks wawancara
- Identifikasi kelebihan dan
kekurangan teks wawancara
E.
Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan 1:
- Diskusi kelompok tentang
pengertian dan tujuan wawancara.
- Presentasi hasil diskusi.
- Pertemuan 2:
- Analisis struktur teks
wawancara.
- Latihan membuat pertanyaan
wawancara.
- Pertemuan 3:
- Simulasi wawancara.
- Umpan balik dari guru dan teman
sekelas.
- Pertemuan 4:
- Penyusunan laporan wawancara.
- Presentasi laporan wawancara.
F.
Penilaian
- Penilaian Proses:
- Aktivitas siswa dalam diskusi
- Partisipasi dalam simulasi
wawancara
- Kerjasama dalam kelompok
- Penilaian Hasil:
- Kualitas pertanyaan wawancara
- Kejelasan laporan wawancara
- Penggunaan bahasa Sunda yang
baik dan benar
Asesmen
1. Pilihan
Ganda
- Pilihlah jawaban yang paling tepat!
- Pertanyaan tentang pengertian,
tujuan, dan struktur wawancara.
- Pertanyaan tentang teknik
melakukan wawancara.
- Pertanyaan tentang analisis teks
wawancara.
2. Essay
- Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas
dan lengkap!
- Jelaskan perbedaan antara
wawancara terstruktur dan tidak terstruktur.
- Susunlah 5 pertanyaan wawancara
untuk mewawancarai seorang seniman.
- Buatlah laporan wawancara
singkat berdasarkan hasil simulasi.
3. Proyek
- Buatlah video wawancara dengan tema
bebas.
- Presentasikan video wawancara di depan
kelas.
Catatan:
- Modul ajar ini dapat disesuaikan dengan
karakteristik siswa dan sumber daya yang tersedia.
- Variasikan metode pembelajaran agar siswa
tidak bosan.
- Libatkan siswa dalam proses pembelajaran
secara aktif.
- Berikan umpan balik yang konstruktif
kepada siswa.
Sumber
Daya:
- Buku teks Bahasa Sunda
- Kamus Bahasa Sunda
- Video wawancara
Komentar
Posting Komentar