MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 - NARJAMAHKEUN

 A. Identitas Modul

  • Sekolah                 : 
  • Mata Pelajaran :  Basa Sunda
  • Kelas/Smt.          :  X (Sepuluh)
  • Materi                  :  Narjamahkeun
  • Alokasi Waktu   :  (Sesuaikan dengan kurikulum)
  • Penyusun            :  

 

B. Kompetensi Dasar

  • 3.1 Menganalisis struktur teks naratif lisan dan tulis dalam bahasa Sunda dari berbagai sumber untuk menentukan makna secara tepat.
  • 4.1 Menyusun teks naratif lisan dan tulis dalam bahasa Sunda dengan memperhatikan struktur teks, unsur kebahasaan, dan konteks.

 

C. Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat menerjemahkan teks naratif dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Sunda dan sebaliknya.
  • Peserta didik dapat memahami perbedaan struktur kalimat dan pilihan kata antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda.
  • Peserta didik dapat menerapkan kaidah-kaidah penerjemahan dalam teks naratif.

 

D. Materi Pembelajaran

  • Pengertian terjemahan
  • Jenis-jenis terjemahan (terjemahan harfiah, terjemahan bebas)
  • Langkah-langkah menerjemahkan
  • Perbedaan struktur kalimat dan pilihan kata antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda
  • Contoh teks naratif untuk diterjemahkan (bervariasi dari teks sederhana hingga kompleks)

 

E. Kegiatan Pembelajaran

  • Pendahuluan

o   Apersepsi: Mengingat kembali materi sebelumnya tentang teks naratif.

o   Motivasi: Menjelaskan pentingnya kemampuan menerjemahkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Kegiatan Inti

o   Eksplorasi:

§  Peserta didik mengamati contoh teks naratif dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda.

§  Peserta didik berdiskusi tentang perbedaan struktur kalimat dan pilihan kata.

o   Elaborasi:

§  Peserta didik berlatih menerjemahkan teks naratif secara berpasangan atau kelompok.

§  Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kerja peserta didik.

o   Konfirmasi:

§  Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

  • Penutup

o   Peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

o   Guru memberikan tugas rumah berupa latihan menerjemahkan teks naratif.

 

 

F. Penilaian

  • Penilaian Proses:

o   Aktivitas peserta didik dalam diskusi dan presentasi.

o   Kerjasama dalam kelompok.

  • Penilaian Hasil:

o   Tugas individu: Menerjemahkan teks naratif.

o   Ulangan harian: Menerjemahkan kalimat atau paragraf.

 

Contoh Asesmen

Tugas Individu:

Terjemahkan teks naratif berikut ke dalam Bahasa Sunda!

Teks Naratif dalam Bahasa Indonesia

"Pada suatu hari, seorang anak bernama Siti sedang bermain di taman. Tiba-tiba, ia melihat seekor kucing kecil yang terjebak di dalam lubang. Siti merasa kasihan dan ingin membantu kucing tersebut. Dengan hati-hati, ia mengambil ranting dan mencoba menjangkau kucing itu. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya Siti berhasil mengeluarkan kucing tersebut dari lubang."

 

Ulangan Harian :

Terjemahkan kalimat-kalimat berikut ke dalam Bahasa Sunda!

  1. Saya sangat senang bertemu dengan Anda.
  2. Dia pergi ke pasar untuk membeli buah-buahan.
  3. Cuaca hari ini sangat panas.

 

Catatan:

  • Modul ini bersifat umum dan dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik di sekolah Anda.
  • Anda dapat menambahkan berbagai aktivitas pembelajaran yang menarik dan inovatif, seperti permainan, video, atau bahan ajar digital.
  • Pastikan penilaian yang Anda buat dapat mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara efektif.

 

Tips Tambahan:

  • Gunakan media yang variatif untuk mempermudah pemahaman peserta didik, seperti gambar, video, atau audio.
  • Libatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, misalnya melalui diskusi kelompok atau presentasi.
  • Berikan umpan balik yang konstruktif agar peserta didik dapat memperbaiki kesalahan dan meningkatkan kemampuannya.

 

Sumber Referensi:

  • Buku teks Bahasa Sunda untuk SMA
  • Kamus Bahasa Sunda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 - SAJAK

MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 – CARITA BABAD

MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS X MATERI KAWIH