MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 - DONGENG

 A. Identitas Modul

  • Mata Pelajaran    : Bahasa Sunda
  • Kelas                     : 10
  • Tema                     : Dongeng
  • Alokasi Waktu     : (Sesuaikan dengan kurikulum sekolah)
  • Penyusun              : (Nama Anda)

 

B. Kompetensi Dasar

  • Memahami: Peserta didik dapat memahami isi, struktur, dan unsur-unsur intrinsik dongeng Sunda.
  • Menganalisis: Peserta didik dapat menganalisis pesan moral, nilai-nilai budaya, dan gaya bahasa yang terkandung dalam dongeng Sunda.
  • Mencipta: Peserta didik dapat menceritakan kembali atau menciptakan dongeng Sunda yang orisinal.

 

C. Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis dongeng Sunda.
  • Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri khas dongeng Sunda.
  • Peserta didik dapat menceritakan kembali dongeng Sunda dengan bahasa yang baik dan benar.
  • Peserta didik dapat menemukan pesan moral yang terkandung dalam dongeng Sunda.
  • Peserta didik dapat membuat rangkuman isi dongeng Sunda.
  • Peserta didik dapat membuat kreasi baru berdasarkan dongeng Sunda yang telah dipelajari.

 

D. Materi Pembelajaran

  • Pengertian Dongeng Sunda
    • Definisi dongeng
    • Fungsi dongeng
    • Jenis-jenis dongeng Sunda (fabel, legenda, mite, dll.)
  • Unsur-unsur Intrinsik Dongeng
    • Tema
    • Tokoh
    • Latar
    • Alur
    • Sudut pandang
    • Amanat
  • Ciri Khas Dongeng Sunda
    • Bahasa yang digunakan
    • Gaya bahasa
    • Nilai-nilai yang terkandung
  • Contoh Dongeng Sunda
    • (Pilih beberapa dongeng Sunda yang sesuai dengan tingkat kelas)

 

E. Metode Pembelajaran

  • Pendekatan: Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan)
  • Metode: Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi, dan permainan peran.
  • Media: Buku teks, modul, gambar, video, dan alat peraga lainnya.

 

F. Kegiatan Pembelajaran

  • Pertemuan 1: Pengenalan dongeng Sunda dan jenis-jenisnya.
  • Pertemuan 2: Analisis unsur-unsur intrinsik dongeng.
  • Pertemuan 3: Diskusi tentang ciri khas dongeng Sunda.
  • Pertemuan 4: Menceritakan kembali dongeng Sunda.
  • Pertemuan 5: Membuat kreasi baru berdasarkan dongeng Sunda.

 

G. Penilaian

  • Penilaian Proses:
    • Aktivitas siswa dalam diskusi
    • Kemampuan siswa dalam menceritakan kembali
    • Kreativitas siswa dalam membuat karya
  • Penilaian Hasil:
    • Tes tertulis (esai, pilihan ganda, menjodohkan)
    • Proyek (menulis dongeng, membuat komik)
    • Presentasi

 

Asesmen

  • Tes Tertulis:
    • Soal pilihan ganda tentang pengertian, jenis, dan unsur-unsur dongeng.
    • Soal esai tentang pesan moral dalam dongeng yang telah dipelajari.
  • Proyek:
    • Siswa diminta untuk memilih salah satu dongeng dan menceritakan kembali dalam bentuk video, komik, atau drama.
  • Presentasi:
    • Siswa mempresentasikan hasil proyeknya di depan kelas.

 

Catatan: Modul ini bersifat umum dan dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa dan sumber daya yang tersedia.

 

Tambahan:

  • Keterampilan Berbicara: Latihan berbicara untuk melatih siswa mengucapkan kata-kata Sunda dengan benar dan lancar.
  • Keterampilan Menulis: Latihan menulis untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dan paragraf yang baik.
Keterampilan Membaca: Latihan membaca teks dongeng untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi teks.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 - SAJAK

MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 – CARITA BABAD

MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS X MATERI KAWIH