MODUL AJAR BASA SUNDA KELAS 10 - DONGENG
A. Identitas Modul
- Mata Pelajaran :
Bahasa Sunda
- Kelas : 10
- Tema :
Dongeng
- Alokasi Waktu : (Sesuaikan dengan kurikulum sekolah)
- Penyusun :
(Nama Anda)
B.
Kompetensi Dasar
- Memahami:
Peserta didik dapat memahami isi, struktur, dan unsur-unsur intrinsik
dongeng Sunda.
- Menganalisis:
Peserta didik dapat menganalisis pesan moral, nilai-nilai budaya, dan gaya
bahasa yang terkandung dalam dongeng Sunda.
- Mencipta:
Peserta didik dapat menceritakan kembali atau menciptakan dongeng Sunda
yang orisinal.
C. Tujuan
Pembelajaran
- Peserta didik dapat menyebutkan
jenis-jenis dongeng Sunda.
- Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri
khas dongeng Sunda.
- Peserta didik dapat menceritakan kembali
dongeng Sunda dengan bahasa yang baik dan benar.
- Peserta didik dapat menemukan pesan moral
yang terkandung dalam dongeng Sunda.
- Peserta didik dapat membuat rangkuman isi
dongeng Sunda.
- Peserta didik dapat membuat kreasi baru
berdasarkan dongeng Sunda yang telah dipelajari.
D. Materi
Pembelajaran
- Pengertian Dongeng Sunda
- Definisi dongeng
- Fungsi dongeng
- Jenis-jenis dongeng Sunda
(fabel, legenda, mite, dll.)
- Unsur-unsur Intrinsik Dongeng
- Tema
- Tokoh
- Latar
- Alur
- Sudut pandang
- Amanat
- Ciri Khas Dongeng Sunda
- Bahasa yang digunakan
- Gaya bahasa
- Nilai-nilai yang terkandung
- Contoh Dongeng Sunda
- (Pilih beberapa dongeng Sunda
yang sesuai dengan tingkat kelas)
E. Metode
Pembelajaran
- Pendekatan:
Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan)
- Metode: Ceramah, diskusi, tanya jawab,
penugasan, presentasi, dan permainan peran.
- Media: Buku teks, modul, gambar, video,
dan alat peraga lainnya.
F.
Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan 1:
Pengenalan dongeng Sunda dan jenis-jenisnya.
- Pertemuan 2:
Analisis unsur-unsur intrinsik dongeng.
- Pertemuan 3:
Diskusi tentang ciri khas dongeng Sunda.
- Pertemuan 4:
Menceritakan kembali dongeng Sunda.
- Pertemuan 5:
Membuat kreasi baru berdasarkan dongeng Sunda.
G.
Penilaian
- Penilaian Proses:
- Aktivitas siswa dalam diskusi
- Kemampuan siswa dalam
menceritakan kembali
- Kreativitas siswa dalam membuat
karya
- Penilaian Hasil:
- Tes tertulis (esai, pilihan
ganda, menjodohkan)
- Proyek (menulis dongeng, membuat
komik)
- Presentasi
Asesmen
- Tes Tertulis:
- Soal pilihan ganda tentang
pengertian, jenis, dan unsur-unsur dongeng.
- Soal esai tentang pesan moral
dalam dongeng yang telah dipelajari.
- Proyek:
- Siswa diminta untuk memilih
salah satu dongeng dan menceritakan kembali dalam bentuk video, komik,
atau drama.
- Presentasi:
- Siswa mempresentasikan hasil
proyeknya di depan kelas.
Catatan: Modul ini
bersifat umum dan dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa dan sumber daya
yang tersedia.
Tambahan:
- Keterampilan Berbicara:
Latihan berbicara untuk melatih siswa mengucapkan kata-kata Sunda dengan
benar dan lancar.
- Keterampilan Menulis:
Latihan menulis untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat
dan paragraf yang baik.
Komentar
Posting Komentar